Kenapa bio yang bagus di Instagram itu penting?
Tahu gak? Bio anda di Instagram itu ibarat wajah anda di media sosial.
Analoginya seperti ini, saat anda pertama kali kenalan dengan prang secara fisik, di 3 detik pertama alam bawah sadar anda akan langsung menilai orang tersebut, pikiran anda akan langsung menilai apakah orang ini bisa dipercaya, apakah orang ini baik, apakah orang ini enak diajak ngobrol, dll.
Begitu juga sebenarnya yang terjadi di akun Instagram anda, saat orang pertama kali lihat akun anda di Instagram, dia akan coba menilai, apakah akun ini akan dia suka apa gak? Apakah akun ini cocok untuk dia apa gak? Dan apakah akun ini perlu di follow apa gak?
Jadi intinya kalau anda bisa memberikan kesan pertama yang bagus kepada orang yang mengunjungi akun anda, maka kemungkinan besar dia akan follow akun Instagram anda.
Sebelumnya, kalau anda mau pembahasan yang lebih mendalam tentang Instagram Marketing silakan nonton webinar 90 menit Instagram Marketing saya disini.
Salah satu cara untuk memberikan kesan yang bagus pastinya adalah dengan memberikan alasan kenapa dia harus follow, alias kata orang jawa “What’s in it for me?” Apakah akun anda cocok dengan minat dia di Instagram? kalau iya, kemungkinan besar dia akan follow anda.
Nah ini pentingnya penulisan bio text yang tepat untuk ditempatkan di akun Instagram anda.
Sebelum membahas rumus bio text saya mau kasih pemahaman dulu tentang satu hal, yaitu tentang niche.
Pentingnya memiliki Niche di Instagram
Apa itu niche? Dalam bahasa indonesia niche itu adalah “Ceruk Pasar” yaitu ceruk pasar adalah sebagian tertentu dari keseluruhan pasar yang ingin disasar oleh suatu produk. Ceruk pasar ikut menentukan fitur apa saja yang seharusnya ada pada suatu produk, begitu juga harga dan kualitas produk, serta demografi yang ingin disasar oleh produk tersebut. Sumber Wikipedia.com
Saya tidak akan bahas niche secara mendalam di artikel ini, kemungkinan akan saya bahas di artikel lainnya, tapi secara garis besar, niche itu adalah topik pembahasan anda secara spesifik di dalam Instagram.
Di instagram setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda, ada yang suka lihat konten tentang religi, ada yang suka lihat konten tentang otomotif, ada juga yang suka lihat konten tentang makanan, bahkan ada juga yang suka lihat konten wanita miskin (Alias gak kuat beli baju akhirnya berbusana minim…hehehe) pada intinya interest orang berbeda-beda.
Anda tidak akan bisa menarik perhatian semua orang, karena minat orang berbeda-beda, tapi anda bisa menarik perhatian sebagian orang yang punya minat tertentu, nah disinilah peran niche.
Anda sebelumnya harus menentukan apa niche anda, apa topik pembahasan detail yang akan anda bahas di Instagram? tentang apa konten-konten yang akan anda upload di Instagram?
Jadi kalau anda suka bahas tentang makanan maka, nantinya yang akan visit akun instagram anda adalah orang yang suka liat konten tentang makanan, betul gak?
Bayangkan, apa yang akan terjadi, kalau anda bahas makanan, dan ada yang lihat profile anda dimana di bio textnya tertera informasi singkat tentang niche anda yaitu makanan, saya yakin orang yang suka lihat konten makanan itu akan follow anda.
Lain halnya apabila yang visit anda orang yang suka konten otomotif, mendadak nyasar lihat bio anda yang tentang makanan, kemungkinan besar apa yang terjadi? dia tidak akan follow anda, simple, karena minatnya beda.
Jadi kuncinya disini adalah, bio anda harus bisa menarik perhatian orang yang ada di dalam niche anda, titik!
Jadi sebelum anda ngonten lebih jauh, pilihlah dahulu dengan seksama apa niche anda!
Tips: Niche akan lebih bagus kalau sifatnya solution based, artinya memberikan manfaat untuk orang lain.
Rumus Bio Text Yang Bagus
Setelah anda mendapatkan niche, sekarang saatnya meramu bio text yang tepat, pada biasanya saya menggunakan 2 jenis rumus bio text, yaitu:
1. Rumus Bio Text Instagram Solution Based
Rumus ini berfokus untuk memberikan solusi kepada orang yang membacanya, ini bisa di bilang merupakan bio text yang paling powerful dan paling menggoda orang untuk follow, kenapa?
Bayangkan misalnya anda adalah orang yang sedang belajar dan mencari tips untuk menurunkan berat badan, mendadak secara tidak sengaja anda ketemu dengan salah satu post di Instagram yang membagikan tips diet, selanjutnya anda pasti kepo kan? Akhirnya anda mengunjungi profilenya, ternyata eh ternyata….akun tersebut di bio textnya dengan tegas menyatakan kalau dia rajin berbagi tips menurunkan berat badan untuk membantu orang mendapatkan tubuh ideal.
Menurut kamu apa yang ada di benak anda saat membacanya, pasti anda langsung berpikir, “Ini pas banget akun yang saya cari!” tanpa pikir panjang, anda akhirnya langsung follow akun itu, setuju gak?
So, ini kenapa saya bilang ini rumus yang paling powerful.
Berikut adalah rumus bio text solution based untuk Instagram:
- USP: Unique selling point, alias apa keunggulan anda atau akun anda ketimbang orang atau akun lainnya
- Niche: Tuliskan niche anda dengan jelas
- CTA: Call to Action, yaitu meminta orang untuk melakukan sesuatu
Contoh:
Berbagi tips seputar diet untuk membantu orang menurunkan berat badan tanpa ribet
👇 Klik link untuk konsultasi gratis!
2. Rumus Bio Text Instagram Offer Based
Sedikit berbeda dengan yang solution based, kalau ini berfokus pada offer anda, apa itu offer?
Offer adalah penawaran yang anda berikan apabila ada yang membeli produk anda, seperti buy 1 get 1, diskon 20%, gratis ongkir, beli kandang gratis hamster, dll.
Ingat ya offer bukan berarti diskon, intinya adalah program yang anda buat agar orang lebih tertarik untuk membeli produk anda.
Berikut adalah rumus bio text Instagram untuk offer base:
Contoh:
Home delivery catering diet sehat area Jabodetabek, agar anda bisa kurus tanpa ribet
👇 Klik link untuk order!
Berikut adalah dua rumus bio text yang biasa saya gunakan dan sudah terbukti ampuh untuk akun Instagram anda, silakan dicoba dan dikombinasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Kalau setelah dicoba dan terbukti works jangan lupa untuk kasihtau saya via komen di bawah ini ya.
Jangan lupa ikutan pembahasan lebih detail tentang instagram di webinar 90 menit Instagram marketing saya disini!
Good luck!